Senin, 24 Desember 2007

[Basa-Basi]: Sabar!

Saya adalah orang yang sangat susah kalau diajak sabar. Jalan Raya adalah tempat untuk menguji kesabaran seseorang. Dan saya sering gagal menghadapi ujian ini, karena saya sering ngumpat-ngumpat nggak jelas dijalan raya, begitu ada orang yang nyetirnya lelet amat. Padahal, saya sudah harus nyampe ke tempat kerja buat siaran.

Malahan, saya pernah hampir berantem sama pejalan kaki gara-gara ketidaksabaran saya. Suatu ketika pas lagi dijalan, tiba-tiba hujan deras turun mendadak. Sementara didepan, motor sama mobil nggak bergerak sama sekali karena diujung ada truk yang lagi mogok. Maksud hati ingin mengambil jalan pintas dengan menaikkan motor saya diatas trotoar, tapi karena jalan licin dan saya hilang keseimbangan, jadilah saya menabrak orang yang sedang asik jalan sambil bawa payung.

“Matamu ditaruk didengkul apa? Ini khan trotoar, kok seenaknya aja main serobot,” kata bapak-bapak yang saya serempet tadi dengan mata melotot. Sementara tangannya sudah menunjukkan tanda-tanda mau meninju saya.
“Lho tadi saya nggak ngelihat ada bapak kok. Lagian tadi khan banyak motor yang dinaikkan ke trotoar. Lagi macet juga,” Jawab saya nggak mau kalah.
Untung ada mas-mas yang melerai kita berdua. Dengan perasaan gengsi waktu itu, saya akhirnya meminta maaf. Emang jelas-jelas sayalah yang salah. Tapi dasar saya aja yg gengsinya gede.

Ketika ngantri tiket sepak bola lain lagi. Waktu pertandingan gede-gedean di Stadion Tambaksari Surabaya antara Persebaya dengan Arema, saya yang sejak lahir dianugerahi perasaan tidak sabar, nekat beli tiket dicalo biar lebih cepet. Apalagi disekitar saya sudah ada ribuan fanatis bola yang juga nganteri dengan aroma badan yang bermacam-macam. Ada yang baunya kayak ikan asin, ada yang baunya wangi, tapi wangi-wangi keringet gitu, sampai ada yang nekat buka baju padahal bulu keteknya menjulur kemana-mana (serem…). Alhasil tiket yang seharusnya dibandrol dengan harga 10 ribu rupiah, naik tiga kali lipat jadi 30 ribu. Dasar saya orangnya nggak mau sabar dikiiiit aja buat ngantri tiket, mau aja beli barang mahal itu dicalo.

“Mas, tau nggak sich kalau beli dicalo itu justru merugikan Persebaya. Karena uangnya nggak masuk dikas pengurus, tapi ke kantongnya calo,” sahut temen saya yang badannya gemuk, item, dan hobinya nonton bola.
“Iya tahu, tapi gimana lagi, masa saya harus berdesak-desakan dengan wajah-wajah beringas haus gol itu sich?” jawab saya asal.

Tapi itulah saya, kata sabar sepertinya menjadi hal langka dalam kamus hidup saya. Kadang-kadang saya iri dengan fotografer-fotografer wildlife yang bisa sabar berbulan-bulan nungguin anak ayam keluar dari cangkang telurnya. Saya juga sering iri sama mantan guru-guru saya, terutama guru-guru TK. Kok ya sabar sampai saya sudah segede Gaban gini masih aja ngajar balita. Apa nggak ada keinginan buat naik pangkat menjadi guru SD gitu.
“Wah kayaknya sampeyan emang bukan orang yang sabar deh mas. Sampai-sampai mulut sampeyan nggak sabar ngomong duluan, padahal otaknya belum mikir. Guru TK ya guru TK, guru SD ya guru SD, nggak ada ceritanya guru TK trus ngajar jadi guru SD itu naik pangkat. Bodo kok dipelihara,” jawab temen saya yang gembrot tadi sewot sambil mulutnya maju-maju.

Tidak ada komentar: